18
Mei
08

Mesin Sonic Lawas Di Honda CS1 ? Itu Belum Seberapa !

Penggunaan mesin Sonic Lawas pada Honda CS One Gress di mata konsumen masih dianggap kontroversial. Karena banyak juga yang menganggap AHM malas melakukan inovasi maupun trobosan teknologi dan hanya mengandalkan mesin lawas untuk mengurangi biaya produksi. Tetapi di belahan bumi lain hal tersebut justru bisa dibilang wajar. Tetapi ingat penggunaan mesin lawas untuk varian motor baru, bukan berarti motor baru tersebut hanya melakukan penggantian casing seperti halnya yang dilakukan AHM pada Tiger Revo. Tetapi motor tersebut memang betul betul gress, hanya saja menggunakan varian  mesin yang sudah pernah dipakai oleh produk sebelumnya. Sama seperti yang dilakukan oleh AHM pada CS one. Hubungan antara Mesin dengan Motor sendiri sebenarnya banyak yang lebih rumit dari itu contohnya adalah : … 

1. Satu Mesin Beberapa Varian

Ini umumnya dilakukan oleh pabrikan eropa seperti Ducati. Seperti juga Honda yang menggunakan mesin Sonic pada CS1 alias satu mesin digunakan oleh dua varian, ducati juga melakukan hal yang serupa. Mesin 1000 DS alias mesin Dual Spark L twin 1000cc berpendingin oli digunakan tidak saja oleh varian Multistrada, namun juga digunakan oleh varian Monster S2R, GT1000 Classic, Supersport hingga Hypermotard. Artinya yang dilakukan oleh Ducati terbilang lebih ekstrim dibanding yang dilakukan oleh Honda karena ducati menggunakan 1 mesin untuk 6 varian! 8O

2. Beberapa Tipe Mesin untuk satu Varian

Uniknya hal yang sebaliknya dilakukan juga oleh Ducati, yaitu untuk satu varian menggunakan beberapa mesin sekaligus! Sebagai contoh adalah yang terjadi pada Ducati Monster. Untuk varian Monster 620ie menggunakan mesin L Twin 620cc berpendingin udara. Tetapi untuk mesin berkapasitas 750cc Monster menggunakan mesin L Twin 750cc berpendingin oli. Untuk varian monster berkapasitas 1000cc justru lebih rumit lagi karena memilki empat varian dengan empat jenis mesin yang berbeda contohnya adalah :

  • Monster S4 1000 - L Twin 916cc liquid cooled (Superbike 916)
  • Monster S2R - L Twin 992cc berpendingin oli (Multistrada, SS1000, GT1000)
  • Monster S4R - L Twin 996cc Liquid cooled (Superbike 996)
  • Monster S4RS - L Twin 999cc Liquid cooled (Superbike 999)

Artinya untuk sebuah varian Monster saja Ducati menggunakan lebih dari 5 jenis mesin. Dan umumnya mesin tersebut digunakan oleh motor dari kelas yang berbeda. Tetapi penggunaan mesin tersebut tidak sesimpel melakukan penggantian ban, namun meski basis mesinya sama, tetapi telah dilakukan proses de- tunned artinya mesin tersebut mengalami proses seting ulang. Contohnya pada mesin Monster S4RS, meski mesin S4RS sama persis dengan Superbike 999 tetapi karakter kedua mesin tersebut jauh berbeda. Bila pada 999 torsi maksimum berada pada Rpm tinggi, pada S4RS torsi tertinggi justru dicapai pada putaran menengah. Hal ini didasari karena S4RS bukan merupakan motor sport, tetapi motor street fighter alias motor jalanan. Kesimpulan yang bisa diambil adalah meski di klaim (menggunakan mesin yang sama) namun karakter mesin tentu saja berbeda, apalagi bila mesin tersebut di gunakan oleh motor dari kelas yang berbeda 

3.Satu Mesin untuk beberapa Merk Motor ? Wah !

Hal seperti ini paling sering dilakukan oleh Suzuki. Salah satu contohnya adalah penggunaan mesin V-2 RGV 250 Gamma pada Aprilia RS 250. Hal tersebut berlanjut hingga kini. Sebagai contoh adalah penggunaan mesin berbasis mesin Suzuki SV 650. Mesin ini juga digunakan oleh Cagiva Raptor 650, V-Raptor 650 dan Hyosung GT 650. Sedangkan untuk motor berkapasitas 1000cc mesin Suzuki TL 1000 digunakan juga oleh Cagiva sebagai mesin Raptor 1000 dan V-Raptor 1000.

Jadi jangan heran bila karakter antara Cagiva Raptor 1000 dengan TL 1000 agak sedikit mirip, meski kedua motor tersebut berasal dari brand yang berbeda. Agakanya hal yang dilakukan oleh Suzuki ini akan terus berlanjut dan bukan tidak mungkin akan ditiru oleh pabrikan lainya.

Tidak Cuma Menghemat Biaya Lho !

Jika banyak pihak menuding penggunaan satu mesin untuk beberapa varian ataupun satu mesin untuk beberapa merk motor adalah upaya untuk menghemat ongkos produksi, hal tersebut benar adanya. Namun hal tersebut tidak melulu dilakukan pabrikan sekedar untuk meraup keuntungan sebanyak banyaknya. Tetapi dengan melakukan hal tersebut banyak keuntungan lain yang bisa diraih. Keuntungan tersebut antara lain.

  1. Pabrikan Bisa Berkonsentrasi Mengembangkan Sasis. Pemahaman Sasis disini bukan hanya rangka namun termasuk juga suspensi dan lengan ayun. Karena untuk memaksimalkan performa motor tidak saja hanya mengandalkan kekuatan mesin semata, namun settingan suspensi, jarak-posisi lengan ayun juga menentukan pengendalian motor. Dengan demikian pabrikan bisa dengan mudah melakukan seting pada rangka apabika mereka sudah memahami karakter mesin yang akan digunakan pada motor tersebut.
  2. Memudahkan Konsumen. Hal ini akan bermanfaat terutama bagi konsumen yang menggunakan motor dari merk yang sama. Ambil contoh pengendara Sonic yang akan beralih kepada Honda CS 1. Motor dengan pengalamanya diatas Sonic sedikit banyak ia akan lebih mudah menguasai CS 1 untuk kemudian memaksimalkan performa CS 1. Meski hal yang kedua tidak disarankan untuk dilakukan di jalan umum.
  3. Mendukung After Sales Service. Mesin sama dengan produk sebelumnya. Artinya suku cadang motor tersebut akan lebih mudah ditemui di pasaran, plus teknisi pun tidak akan kesulitan untuk memperbaiki motor tersebut bila mana motor tersebut mengalami kerusakan. Terkesan sepele memang, namun manfaatnya akan terasa saat motor tersebut mengalami masalah :)

115 Tanggapan ke “Mesin Sonic Lawas Di Honda CS1 ? Itu Belum Seberapa !”


  1. 1 trebla88 Mei 18, 2008 pukul 11:21 pm

    weleh2!
    klo ahm mah telen bulet2,ga da prubhan.ada sih,tp downgrade!
    btw pertamax

  2. 2 trebla88 Mei 18, 2008 pukul 11:25 pm

    cth kompresi dr 11 jd 10,7(mayan jd bisa rada dipaksa minum premium sesuai kata petingi AHM,walau sebenernya ga bisa)

    sok depan jadi bebek punya(aka supra x 125)

    pelek ga tau dah masi enkei ato ga.
    prasaan sasis sami mawon ama sonic,jadi apa yg dikembangin dr sasis?(klo ducati kan diubah sprti dijelasin di atas)

    rasio kayanya jg ga diubah,kliatan dr girnya 42/14 kaya sonic

  3. 3 trebla88 Mei 18, 2008 pukul 11:28 pm

    klo ducati,cagiva,suzuki,Honda saya percaya ada pengembangan dari tim R&D.
    Tapi klo “AHM”, bukannya tim R&D nya ada cm buat design aja ama ganti casing?he3

    cmiiw
    salam bikers

  4. 4 nismo Mei 18, 2008 pukul 11:31 pm

    ^
    ^
    ^
    monopoli………..

  5. 5 trebla88 Mei 18, 2008 pukul 11:32 pm

    yah abis kosong sih…..
    jadi kuisi aja he3
    kaya yamaha nyapu abis podium barusan wuehehe
    sory bro klo saya klakuan saya di atas salah.

    salam bikers

  6. 6 pocsurabaya Mei 19, 2008 pukul 12:23 am

    underbone…..disamain ama big bike……
    big bike…….disamain ama underbone……

    Weleh…..

  7. 7 radix Mei 19, 2008 pukul 4:03 am

    @mas treble
    poin 1 ga memenuhi, paling engga poin 2 dan 3 memenuhi kan?

    @mas poc
    yg dibahas penggunaan mesin dibeberapa varian.. bukan kapasitas mesin..
    big bike.. underbone.. cuma judul bab.. judul utamanya tetep aja motor..

  8. 8 @doha Mei 19, 2008 pukul 4:15 am

    ternyata Lorenzo tobmarkotob….yamaha Ruarrr bisa trio nya ! eh salah komen yah sory oot.

  9. 9 GAL120 Mei 19, 2008 pukul 5:56 am

    Emangnya desain sebuah motor ngga ada harganya..?
    Lebih tidak berkembang mana dengan cuma memasukkan Sonic lawas..?
    Kalo masalah mesin sih udah wajar.. Honda bebek gt.. Dari dulu Sonic yg masih Sonic jg masih kalah larinya sm bebek gw yg CC nya lebih kecil.. He.. Maksudnya mesin udah pentok, AHM ga mampu lg ngembangin setara FU ya udah, sektor lain yg dimaksimalin.. Mesin mo tetap ato berkurang jg msh lebih pelan dari MX sekalipun.. He..

  10. 10 memphis Mei 19, 2008 pukul 6:32 am

    AHM gitu loch, beli mesin pabrik bekas thailand untuk buat sonic di indonesia trus didandani jadi cs-1 aja laku, masyarakat indonesia kan g ngerti sampai begituan, tahunya motor baru merek honda, kesian banget jadi wong Indonesia

  11. 11 Bintang Terang Mei 19, 2008 pukul 7:36 am

    Satu Varians Mesin untuk berbagai merek ?

    kalau penggunaan Mesin Serie GL & Serie C nya sport & bebek Honda di banyak Pabrikan motor China dihitung gak ?
    hehehe…tuh dari Jialing, Minerva, Loncin, termasuk Juga Shachs, etc … tinggal ketrik lable baru dicover mesin.
    jangan-jangan sebentar lagi akan ada CS1 versi Pabrikan China nih ?

    Walau Kawasaki menggunakan mesin Zone 125 untuk bebek Athletenya, tapi gak sampai DownGrade deh (pelek, suspensi, sistem pengereman, chasis, baru semua..!!!)….. dan gak bakal ditiru atau digunakan dipabrikan lain (China).

    @ trebla88
    setuju…!!! RnD AHM cuma riset casing & striping.!!!. itu pun masih banyak campur tangan dari Prinsipal.

    nunggu MegaPro yang terbaru deh, apa iya masih gitu2 aja. tapi mesin GL series yang 160 diluar (Jepang) khan gak ada yang pake tuh, apa iya AHM Indonesia sanggup riset untuk pasang injeksi ? lha wong, meluruskan Sobreker belakang yang miring dari zaman GL aja, sepertinya belum sadar-sadar….

  12. 12 buronan mertua Mei 19, 2008 pukul 7:57 am

    perlu dipertanyakan juga kwalitas baju baru sonic apakah tidak bergetar dan mudah pecah???

    podium 1,2,3 disapu yamaha…
    yamaha teuteup jagona motogepe ……

  13. 13 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 8:05 am

    @trebla88
    coba kalo telen bulet2, sampeyan cermati detil per detil dari body….(kalo bener telen bulet2)

    @pocsurabaya
    masa baca gitu aja gak paham sih?

    @GAL120
    . Mesin mo tetap ato berkurang jg msh lebih pelan dari MX sekalipun.. He..—-another hoax :mrgreen:

  14. 14 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 8:08 am

    @bintang terang
    iya AHM Indonesia sanggup riset untuk pasang injeksi ? lha wong, meluruskan Sobreker belakang yang miring dari zaman GL aja, sepertinya belum sadar-sadar….
    ——————————————————
    sokbreker miring??? apanya???gw dl pake GL juga OK2 aja….gakpernah masalah

    ++++++++++++++++++++++++++
    Walau Kawasaki menggunakan mesin Zone 125 untuk bebek Athletenya, tapi gak sampai DownGrade deh (pelek, suspensi, sistem pengereman, chasis, baru semua..!!!)….. dan gak bakal ditiru atau digunakan dipabrikan lain (China).
    ——————————————————
    kebanyakan alesan :-(

  15. 15 teha Mei 19, 2008 pukul 8:29 am

    le masn di gunduli

  16. 16 radix Mei 19, 2008 pukul 9:03 am

    @mas bintang
    … dan gak bakal ditiru atau digunakan dipabrikan lain (China)..

    seperti yg diulas diatas, mesin suzuki dipake cagiva.. itu apa namanya? simpel aja, mesinnya jelek atau bagus?
    lgpula, niru yg laku dong mas.. masak niru yg kurang laku..

  17. 17 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 9:23 am

    blm ada yang panas2an…

  18. 18 zoe Mei 19, 2008 pukul 9:25 am

    heheeehehheheh…..

    hidup Piagio…!!!! dari tahun 1959 mesin VNA 125cc dan VBA 150cc tahun 1960 sampai tahun 1978 pada mesin VBC 150cc ( super ) baru berubah di kruk as nya dan lobang pembakan dari 2 jadi 3. bentuk tetep bulet lonjong

    KEREN kan…????

    motor eropa dan amerika memang mantap bro… buat mesin dan design nya…. ( harley juga begitu2 aja..)

    kalo motor jepang sibuk bersolek mulu… setahun udah berubah.. dari biasa tambahin deh pake X atau XX atau Z atau New….

    lebih sangar naik ninja
    lebih tegar naik tiger
    lebih retro naik mio
    lebih baik naik vespa

  19. 19 Swastika Mei 19, 2008 pukul 9:37 am

    @trebla88 (comment#3)
    klo ducati,cagiva,suzuki,Honda saya percaya ada pengembangan dari tim R&D.
    Tapi klo “AHM”, bukannya tim R&D nya ada cm buat design aja ama ganti casing?he3

    trus, motor situ apa mas? ducati, cagiva, suzuki, honda, atau yamaha? jangan bilang pakenya Hondanya AHM, atau Yamahanya YMKI, Suzuki Indonesia, atau Kawasakinya KMI lho ya.

  20. 20 stoner27 Mei 19, 2008 pukul 10:15 am

    gambar diatas cocok buat modif Honda CS1 tuh… hihihihihi..

  21. 21 buronan mertua Mei 19, 2008 pukul 10:18 am

    bro retorika kasih opininya koq kurang objektif seeh… masa yang diomongin cuma +++ saja…
    biar adil — juga doonk…..

  22. 22 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 11:37 am

    oveall gw liat CS-1 oke kok..
    kalo buat gw… CS-1 ga cocok ama bodi gw (gw udah liat aselinya),
    ttg mesin… krn ‘motor baru’, jadi blm terlihat bagus/buruknya, kalo emang sama dgn mesin sonic, menurut gw mesinnya ok.
    soal penilaian… terserah masing2 individu,
    tapi….
    jangan asal ngomong, apalagi ngajak orang untuk setuju omongan ngasal :)

    piss…

  23. 23 Kus Mei 19, 2008 pukul 12:01 pm

    @trebla88
    hati2 Mas, jangan2 nanti kemakan omongan sendiri, perkiraan saya, mesin generasi MX (dan vixi) akan dipakai selama 20an tahun. MX sekarang baru generasi pertama, habis ini pasti ganti baju, sekarang baru tahap ganti striping…(tanya aja tuh sama K0meng). Dulu YMKI keluarin 2 tak, sehingga sekarang kelihatan punya mesin baru. Kita lihat nanti perubahan di next vega sebentar lagi….dan next MX…dan motor matic-manualnya.
    Btw, pusat riset Honda memang di Thai, sedang pusat riset Yamaha di Indo.

  24. 24 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 12:12 pm

    @icalbrown
    aslinya kecil kan…..ngak cocok buat bodi gue juga….

    @kus
    yg mesin revo 110/cz kan dah all new tuh ktnya……….btw YMKI mana neh,kok jupiter z dari dulu ky gitu terus,cuma minor change n ganti stripping doang……

  25. 25 teha Mei 19, 2008 pukul 1:04 pm

    @ arrow 89

    katanya siapa?

    jupi Z baru berapa tahun bro?

    lha wong dinasti XXXXXXXXXXXXXX BERAPA PULUAN TAHUN masih itu2 aza ya laku, pokok nya azal XXX mau ganti striping / casing ya masih laku, konsumen udah loyal mau baru atau baru aza ganti baju masyarakat awan mana tau. kepercayaan buat PEMBODOHAN sangat di sayang kan

  26. 26 teha Mei 19, 2008 pukul 1:07 pm

    le masn di cukur botak

    bravo yamaha

  27. 27 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 1:09 pm

    @^
    liat ajalah, mo dipake nyampe berapa tahun mesin generasi z besok. :mrgreen:
    lawong beli2 motor sendiri koq dibilang pembodohan. alesannya sendiri2 lah.

  28. 28 syahrizal pulungan Mei 19, 2008 pukul 1:09 pm

    numpang belajar tinggalin jejak nih

  29. 29 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:21 pm

    @swastika
    waduh bro saya mah objektif aja ya……..
    klo bro ga percaya liat deh line perkembangan honda di Indonesia, stagnan gitu loh!
    sya sempet bangga dengan federal dulu,cm ktika dipegang astra ko jadi kaya gini yah?harga tambah mahal tapi kwalitas smakin buruk
    saya pake sonic,spin, ama scorpio. emang napa bro<pnasaran yah?he3

    bro sendiri pake apa emang?

    salam bikers

  30. 30 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 1:32 pm

    gw bantuin neh
    maksudnya stagnan tu gmn? supra—menuju karisma 125d, stagnan?
    bikin motor baru (vario)—stagnan?
    cs-1 (model baru pengembangan sonic)—stagnan?

    pakai spin, oklah, produk baru. scorpio? dah berapa kali ada perubahan mesin di scorpio mas? trus sampai kapan juga scorpio mau ganti mesin?

  31. 31 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:34 pm

    @kus
    bukan bgitu mas,saya percaya mesin tetp dipake basisnya.Tapi ada perkembangan dong! JAngan casing mulu diurusin!

    kita liat AHM, dari supra x, supra fit,fit, ampe revo skrg(bukan yg nanti 110,ini 110 bore up kali yah?) apa mesin ada perbaikan?

    yang ada malah downgrade, setau saya suprax yg dulu pake material head nya pake almu ato apa gitu, sedang supra pit ampe revo malah pake besi cor2an.bole dicek

    @all
    trus ada pertanyaan usil nih buat bro skalian, mnurut kalian harga motor di Indonesia masi kmahalan ga sih dgn bandingan price/value? mnurut saya sih masih. ini urutan dari yg paling jelek price/value nya(menurut saya,CMIIW):

    1.AHM
    2.YMKI
    3.Kymco
    4.Suzuki
    5.KAwasaki

    sgitu dulu deh, klo menurut saya YMKI lagi ambil momen cari untung jadi harga dinaikin kaya vixi,pio CW, Mio Soul,tapi naikin harganya rada ktinggian

    klo Ahm sadis ah, tapi ga bisa disalahin sih. COba liat dengan iklannya ap yang mereka tawrkan(di media cetajk ama tv)

    -desain berkarakter tajam dan aerodinamis
    -new striping
    -sporty
    -the new cruiser
    -bla2

    jadi mreka ni ga gembor2 mesin perbaikannya,sekadar perbaikan penampilan saja (diremajain).Yang saya pertanyain, apa ga kmahalan tuh cm ganti design tapi mesin ga dibenahi sdikit.kaya tiger revo jd kberatan tapi rasio gigi ga diubah(klo spin ama skywave kan diubah, karena beda bobot ama segment walau dari basis mesin yang sama)

    salam bikers

  32. 32 jammers Mei 19, 2008 pukul 1:36 pm

    @^^..setuju bro..beli mtor y hak msg2..untung ruginy tanggung msg2..klo dpikir2,cbr150 dr awal mula muncul-skitar2002-ampe skrg cuman gnti2 striping doams-cuma nambah key shutter doang- koq ga prna ada yg nyela y?mahal2 teuteup laku,heu2..

  33. 33 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:40 pm

    @abon sapi
    wah bro yg satu ini mnurut saya agak dangkal pikirannya

    liat ksluruhan dong bro

    1. supra jadi karisma - tuh kan beda basis mesin
    yg diomongin di sini kan dari basis mesin yg sama
    apa sama basis mesin supra x ama karisma? :)

    2.Vario
    apa tuh AHM bakal ngluarin matic klo mio ga laku?(tanya pada hati nurani yah)

    3.SOnic pernah diimpor AHM 2001
    knapa baru setelah Thai berhenti produksi baru diambila<KNapa?Karena bakal lebih murah ngambil lisensinya

    saya ga pernah jelekin tuh motor2, liat komen di atas.Semua kembali ke masing2 klo milih motor. Klo saya liat dr price/value dan saya brani katakan AHM kmahalan.
    oce?pis bro

    salam bikers

  34. 34 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 1:40 pm

    @arrow89
    ho..oh.. kecil.

    sabtu kemaren ada yg pake ZX-250.. di jalan PI raya, hayo ..ngaku… siapa nih?
    ganteng tuh motornya.

  35. 35 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 1:45 pm

    trebla - kus
    bukan bgitu mas,saya percaya mesin tetp dipake basisnya.Tapi ada perkembangan dong! JAngan casing mulu diurusin!

    trebla - kus
    1. supra jadi karisma - tuh kan beda basis mesin
    yg diomongin di sini kan dari basis mesin yg sama
    apa sama basis mesin supra x ama karisma?

    salah satu contoh kedangkalan & ketidak konsistenan pemikiran anda. mencla mencle

  36. 36 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 1:46 pm

    SOnic pernah diimpor AHM 2001
    knapa baru setelah Thai berhenti produksi baru diambila<KNapa?Karena bakal lebih murah ngambil lisensinya
    ———————————-
    tolong kasih linknya

  37. 37 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:48 pm

    @abon sapi
    lah scorpio di Indonesi kluar tahun brapa?
    tiger kluar tahun brapa?

    wajar klo scorpio masi bertahan dengan mesinnya
    dan wajar pula klo tiger masi ama mesinnya(ni motor legendaris mnurut saya)

    Dulu sya salut ama federal tahun 94 ngluarin tiger(brani amat taun sgitu kluari sport cruiser 200cc)

    tapi ko sampe skarang gitu2 aja. bobot nambah harusnya diiringi penyesuaina mesin spt DUcati yg di artikel atas.1 varian tapi beda casing dengan penyesuain mesin.

    spin ma skywave contohnya yang bagus. 1basis mesin tapi ada perubahan roller, drive train akhir, spuyer,dll. ini karena bobotnya berbeda ama segment berbeda
    lah klo tiger lama ama tiger revo namabah bobot apa yg diubah? cm kasi pelek palang tiga,rear disk,ama limitnya spidO ditambah dari 180 jadi 200(waLAU GA MUNGKIN NYAMPE SGITU)

    mega pro jg dr 160 jd 180
    btul sodara2?

    salam bikers

  38. 38 radix Mei 19, 2008 pukul 1:52 pm

    @mas treble
    perbandingan price/value menurut masing2? klo disurvey ke seluruh indo juga bisa..
    dah tau dong hasilnya apa? ya yang penjualannya tertinggi.. krn org beli motor mikir perbandingan price/value menurut mereka masing2 kan?

    apa lantas kita getokin kepala org yang beli honda trus teriak2 “lu bego amat sih, perbandingan price/valuenya honda paling jelek tau!”.. gitu?

    get real bro..

  39. 39 teha Mei 19, 2008 pukul 1:52 pm

    @ abon

    kenapa gax `tiger X` kenapa TIGER REVO?

    kalo cuma di make-up

  40. 40 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:54 pm

    @abon sapi
    bon2……
    susah ngomng ama anda.Udah jelas AHM pernah impor nsr ama sonic

    nah sesuai artikel YG DIBANDIINGIN TUH BASIS MESIN SAMA TAPI ADA PERUBAHAN!

    APA SUPRA X AMA KARISMA SAMA?BASIS MESINNYA

    ANDA YANG MENCLA MENCLE!
    WONG YG MO DIBANDINGIN BASIS MESIN SAMA KO.

    Damai2.saya ga mo ngajak ribut bon.
    biarlah sodara2 lain yg mnilai. yang lebih tau perkembangan dunia permotoran di indonesia.
    saya mah hanya manusia biasa yang pasti tajk lepas dari kesalahan, saya kan uda nulis di atas jg CMIIW(correct me if iam wrong)

    dan ini ajang diskusi and sharing,bukan ajang debat bon.

    salam bikers

  41. 41 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 1:55 pm

    kalo tiger ganti mesin (misal) apakah scorpio juga mau ngejar langsung ganti???
    samalah kalo vario ngeluarin matic dengan radiator, apa terus mio latah ngeluarin matic berradiator, injeksi & 4 katup?

    @comment trebla88 on Mei 19, 2008
    at 1:48 pm
    mio & mio soul pernah cek bobotnya? sama gak? sekarang cek di web, bobotnya sama persis gak? dimensi panjang lebar…gakada perubahan samasekali. jangan2 memang datanya gak diupdate.

    mega pro jg dr 160 jd 180
    btul sodara2?
    pernah liat nggak ketika tornado muncul pertama speedo nyampe 185? crystal sebelonnya sampe berapa?

  42. 42 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 1:57 pm

    @radix

    thx atas masukannya bro,tapi kan di atas uda saya tulis klo itu price value mnurut sya,silakan dicek.Iya bro tiap orang pikirannya beda2,tapi justru itulah kehebatan Allah sang pencipta.oce?piss bro

    salam bikers and get real too

  43. 43 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:00 pm

    @bon
    bon,saya respek dengan komen anda.tapi bisa lebih dengan kpala dingin bon?Anda terlihat menyerang tapi selalu miss sasaran yg mo diungkap.malah kasi contoh ug aneh2
    coba anda kbaca komen sebelum2nya.
    biarlah saudara pembaca blogger ini yang menilai.

    salam bikers

  44. 44 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 2:02 pm

    lah, tu ngapain tadi nunjuk pemikiran gw dangkal??? sapa yang mulai duluan???
    mana gw cm mau nanggapi omongan, koq malah nunjuk2 gitu?

    ok, back to topik. sebenernya menurut gw waktu spin masuk pun juga ada penurunan (downgrade) seperti telah anda jabarkan
    dari daya maks 10.8ps (kalo gak salah) jadi 9.**ps. gada masalah to dengan downgrade? semua juga dah ngalami

  45. 45 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:05 pm

    @all
    mohon maaf klo saya ada salah,
    tapi dari awal2 komen kan saya cm sharing pengalaman2 ttg motor(awalnya cs1 ama sonic)
    tapi ko mrembet bgiini ama abon,padahal yg nyulut awal komen abon kan si swastika.mana tuh swastika sekarang?

    duh abon, saya kan cm jawab motor2 saya yang saya pakai ama tentang stagnansi di BASIS MESIN yang SAMA tapi anda ko malah ngrembet ke yang lain.

    terpakasa saya klarifikasi maslah ini. oce bon?pis ah.janganlah tersulut emosi.Oce?

    salam bikers

  46. 46 teha Mei 19, 2008 pukul 2:09 pm

    @ abon

    `misal` tigi mau di bikin evolusi `PESIMIS` aaah…
    wong penggemar tigi dengan keadaan begini aza udah puas…………..

    scorpi z mah masih maz maz, paling lihat kompetitor nya menurutt aku pribadi.

  47. 47 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 2:09 pm

    oce oce…piss yak.

  48. 48 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 2:10 pm

    @trebla88
    mas… kalo menurut gw…
    perkembangan itu ga melulu soal yg mas pikirkan (mis: mesin), perkembangan itu bisa menyangkut perbaikan produk, penambahan variasi, dll.
    soal stagnan… kalo menurut gw… arti stagnan sama dengan statis sama dengan diam, jadi.. menurut gw kurang pas jika mas menggunakan kata itu, karena menurut pengamatan gw, produk AHM berubah (tidak diam / statis).
    soal perubahan supra ke karisma… gw pikir hal itu merupakan pengembangan produk (terlepas apakah basicnya sama atau tidak), dimana konsumen diberikan pilihan baru (sesuatu yg fresh saat itu), dan ini bukankah dinamis (bukan statis)?
    mengeluarkan Vario sepertinya AHM hanya ingin merespon pasar yg saat itu skutik sedang digandrungi (mungkin sampai saat ini), ingat… ini bisnis bro…, bukan sekedar ’show off’.
    come on.. bro… positif thinking lah, kalo menurut gw ATPM cukup tanggap merespon pasar, jika produknya ga ok… pasar ga akan beli produknya kok.

  49. 49 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:10 pm

    @abon
    intinya yg mulai mah bro swastika.he3.piss
    oke bon damai yah,klo itu saya yg khilaf dengan menulis anda dangkal.tapi itu karena saya sedikit tergelitik melihat komen anda nyang ini loh..

    “maksudnya stagnan tu gmn? supra—menuju karisma 125d, stagnan?
    bikin motor baru (vario)—stagnan?”

    kanyg diomongin basis mesin yagn sama(sesuai artikel atas)

    -suprax (bkn yg 125) ama karisma apakah mesinnya sama?
    -Vario kan mesin baru,blum ada penerapan basi mesin ke jenis lain

    oce piss yah

    salam bikers

  50. 50 fachrulhilate Mei 19, 2008 pukul 2:16 pm

    AHM Gak kreatif !!!
    Mesinnya cs1 msh pake honda sonic
    http://fachrulhilate.wordpress.com

  51. 51 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:19 pm

    @icalbrown
    bukan bgitu bro
    apa ahm ngembangin sesuai tuh karakter designya. PAdahal tiger dulu lebih bersahaja mnurut saya pas antara mesin ama tongkrongan(Ini yg bikin saya kagum). tiger revo mesin sama tapi bodi lebih remaja + plus bobot nambah

    nah apa ini menuju ke arah yang baik perkembangannya?padahal motonya honda bagus loh Kaizen ato apa yah dlm jepang yang artinya perbaikan terus-terusan ke arah lebih baik.
    tapi kayanya R&D sini uda lupa ama kaya gituan.

    yah ga bisa nutup mata terhadap unsur bisnis sih bro. ur right,we must get real! uang lah yg menggerakkan bisnis.

    thx atas masukannya bro. klo saya mah pikir slain design jg rasio, drajat pengapian,kem,dll bro.mesin ga da masalah sih klo basisnya sama asal kaya ducati di artikel atas tuh. 1 basis tapi dengan tongkrongan beda bisa beda karakter tenaganya.

    nah si tiger revo ini ga ada perubahan,malah tenaga akhirnya turun karena dipaksa pake rasio ama profil mesin yg bener2 sama dengan tiger ori sedang bobot nambah.ini yang aku tidakj suka dari aHm

    salam bikers

  52. 52 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:23 pm

    @all
    yah intinya kita smua dikungkung dalam bisnis yah.he3
    mo bli barang itu hak kita masing2 en sesuai kebutuhan masing2 ok?jadi suatu produk tuh baik buat kita blum tentu baik buat orang lain.piss

    salam bikers

  53. 53 Kus Mei 19, 2008 pukul 2:33 pm

    @fachrulhilate
    Bangun kesiangan Mas?
    CBR125 juga gak kreatif, pakai mesin sonic….

    Bro semua,
    ada beberapa perbedaan antara mesin sinic dan CS1 (yang menurut saya minor), hal ini pernah diulas sebuah tabloid:

    - vibrating dumper (karet peredam getaran dari kopling house)
    - primary engine balancer di crank case
    - piston lebih pendek

    dan entahlah yang lain, yang jelas berbeda dengan sonic adalah local content yang mencapai 97.75% hehehehe

  54. 54 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 2:36 pm

    nah tuh maksud gw gt. coz ya memang ada beberapa produk yg stagnan, tapi juga ada produk yg gres, tergantung pangsa pasarnya, untuk bagian mana. masalah berat/bobot, biar aja jadi urusan orang2 AHM sana. yang penting, barang cocok, ambil, barang gak cocok, tinggalin. gada istilah salah pilih, coz orang beli pastinya dia punya sekian banyak pertimbangan yang tidak pernah kita mengerti.

  55. 55 radix Mei 19, 2008 pukul 2:52 pm

    @mas treble
    ya gua tau itu memang menurut mas treble.. gua hanya merespon pertanyaan usil yang dilontarkan tadi..
    piss juga..

  56. 56 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 2:55 pm

    @radix
    he3 oc bro piss jg.
    tapi namanya trebla dunk klo treble mah sound system dong?
    sip bro ada masukan atas pertanyaan saya tadi.jd nambah wawasan.thx

    OOT
    Kaskus uda bisa diakses hari ini,sapa tau ada kaskuser di sini he3

    salam bikers

  57. 57 teha Mei 19, 2008 pukul 3:22 pm

    @abon

    itu bagi yang kritis masukan, kolo yang AWAM fanatik LAGI kan main beli bro, dengan dalih iming2 REVO

  58. 58 irfan Mei 19, 2008 pukul 3:27 pm

    cool bro…………… :-P

  59. 59 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 3:39 pm

    namanya juga orang dagang, mo apa yang dijual kalo masi banyak peminat ya tetep dibikin terus

  60. 60 buronan mertua Mei 19, 2008 pukul 3:47 pm

    tapi kalau menurut pengalaman sy sih keluaran ahm yang dulu dibanding ama yang sekarang malah kwalitasnya bagus yang jaman dulu…
    contonya batok lampu depan dan lampu belakang karisma dibuka sekali saja langsung deh keluar bunyi wrrrr wrrr… meskipun ga ada hubunganya dng mesin tapi suaranya sangat mengganggu…
    satu lagi plastik cover di sekitar baud mudah sekali pecah…
    sangat disayangkan sekali kenapa kwalitasnya makin kesini koq makin buruk …
    apa memang buat cari profit yang sebesar-besarnya??

  61. 61 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 3:49 pm

    @teha
    jupie z dah 7 thnan…mulai 2001<ngak pernah diomongin jadul,katrok,dsb

    karisma dah 5 tahun mulai 2003<diomongin katrok,jadul,dsb

    sonic juga perasaan mulai tahun 2001<pada ngomongin mesin jadul,katrok,lama dsb

    jadi istilah jadul tuh sebenarnya apa?

    jgn2 pada pola pikirnya…
    jadul=lambat,canggih=cepat?????

    time will tell lah,kita liat smp kpn basis mesin jupie z bertahan,buat mesin baru =riset+uang+waktu

  62. 62 Abon Sapi Mei 19, 2008 pukul 3:57 pm

    satu lagi plastik cover di sekitar baud mudah sekali pecah…
    sangat disayangkan sekali kenapa kwalitasnya makin kesini koq makin buruk …

    nah, kalo ini gw setuju bgt. koreksi yang baik, buat kualitas ABS untuk lebih dipertebal. emang lebih berkualitas ketika dulu gw pake GLPro & GLPro Neotech. cuma sayangnya, untuk VR1100RR gw blom pernah dgr yang namanya getaran :mrgreen:

  63. 63 buronan mertua Mei 19, 2008 pukul 4:08 pm

    @abon
    kalau menurut bro abon kwalitas CS1 sendiri gimana?? (Biar ga OOT)

  64. 64 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 4:16 pm

    @abon n buron
    klo aq malah ada suara geter dari batok lampu depan,tapi itu setelah aq nabrak lo……klo servis lupa terus mo minta biar ngak bunyi lagi……

  65. 65 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 4:18 pm

    @arrow89
    koreksi bro..
    karisma mulai taon 2002, skrng udh ga diproduksi, krn udh diganti Supra X 125 (ganti nama, krn menurut informasi yg gw terima, ada sengketa dgn pabrikan motor di jawa); CMIIW.

    @Abon Sapi
    ada getaran yg enak loh bro :lol:

  66. 66 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 4:31 pm

    bunyi itu terjadi karena partnya longgar sehingga bagian2 tsb saling bergesek dan bertabrakan, dan karena itu pula bagian tersebut jadi retak/pecah. hal ini terjadi kemungkinan karena kurangnya quality control terhadap casing motor saat finishing.

  67. 67 gagah77 Mei 19, 2008 pukul 4:32 pm

    Wealah…..masih suasana duka krn ditinggal Bro Pian (Senior di dunia Moge) tapi di blog ini udah pada gontok-gontokan.
    Kemarin sewaktu pemakaman di TPU Tanah Kusir, dari peserta blog ini ada yang dtg ngga?
    (gw aja marah2 ama sobat BLACK77 gw krn ngga dtg. Pdhl dia 1 almamater ama bro Pian. Pdhl gw sendiri bela-belain pulang dari Papua Nugini tuk ngehadirin pemakaman beliau).
    ++++++++++++++++++++++++++++++++

    Gini saja semuanya. Terus terang nih selaku penggemar sepeda motor (mulai cc kecil hingga 1000 cc) saya katakan masing - masing sepeda motor dan merk memiliki keistimewaan & kelemahan masing-masing. Kehebatan yang dimiliki Harley juga ada pada KANZEN atau Mocin (apa itu???). Dan kelemahan yang ada pada Yamaha Vega ada juga pada MV Agusta (masa sih)?

    CBR 1000 RR atau Harley Davidson Fat Boy atau Skywave 400 tidak akan bisa menandingi kelebihan Honda Supra atau Shogun atau Jupie Z atau K-Zone dalam hal city ride (bobot dan size yang mempengaruhi kelincahan). Dan meskipun Athlete, MX, FU & CS1 adalah motor hebat utk pengendaraan dlm kota tp tidak akan mungkin menandingi Hyosung TE450S di “medannya”.

    So…berhentilah saling mencaci maki. Bangun solidaritas bersama. Biar makin kompak and akur selalu.
    SETUJU?????

  68. 68 Kus Mei 19, 2008 pukul 4:36 pm

    Bon, Ical mau menggetarkan tuh Bon…..
    Malah cabut si Abon…

    @buronan
    menurut saya mesin yang dipakai di CS 1 ini salah satu mesin terbaik honda untuk cc kecil di era 4 tak, selain sonic dan cs 1 ada CBR 125 yang pakai mesin ini. CBR 150 juga pengembangan mesin ini. Katanya sangat mudah untuk mendongkrak performa mesin ini.

  69. 69 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 4:39 pm

    @gagah77
    satujuh bro… :-)

    wah… bro ane kebetulan ga dateng bro, coba ane dateng ya, pasti ketemu ente, walaupun ga tau ente nyang mane :-)

  70. 70 Gp lovers Mei 19, 2008 pukul 4:41 pm

    Motor2 skrg cm brubah tmplanya d0ank, tp soal mesin mtr2 dulu lbh brkwalitas. Motor gw impresa ta0n 99 n msh standar aja bs ngasapin jupiter z,smash, bahkan thunder aja lwt gw asapi. Lbh hebatnya lg tu motor mesinya gak pernah ngadat pdhal gw pakenya gas pool trus. Sbg prbandingan gw jg pnya mtr supra x 125 br yg jg sering gw pake ngebut trus, larinya mang kenceng tp br 8 bln d pake tuh motor dah 9 kali msk bengkel. Mtr gw yg impresa ja 2 bln cm ke bengkel 1kali.

  71. 71 fanderlart Mei 19, 2008 pukul 4:58 pm

    @gagah77
    setuju deh…

  72. 72 Kus Mei 19, 2008 pukul 4:58 pm

    @Gp lovers
    beli motor jaman dulu aja Mas, supra x 125 dijual aja.
    baru 8 bulan 9 kali masuk bengkel: jatah servis gratis ya….hehe. Yang impresa 2 bulan masuk bengkel sekali.—->> perhatikan dong perawatan motornya.
    Apapun merknya kalo gak dirawat juga pasti rusak….

  73. 73 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 5:03 pm

    @kus
    ganti VR1100RR pink aja getoo……wkwkwk…

  74. 74 Gp lovers Mei 19, 2008 pukul 5:12 pm

    @Kus
    Mtr merk apapun klo mesinya gak brkwalitas d rawat teruspun nantinya jg bakalan ngadat terus.

  75. 75 icalbrown Mei 19, 2008 pukul 5:21 pm

    @Gp lovers
    wah.. mas… kok motornya berasap? ada yg bocor tuh, bisa sil klep ato ring pistonnya yg udh ga baik :-?
    he..he..he.. kiding denk bro :lol:

    piss…

    ngomong2… review motoGP sirkuit Sleman disini kok ga ada ya ???

  76. 76 RETORIKA Mei 19, 2008 pukul 6:19 pm

    @ Gagah 77

    kemarin saia niatnya pingin ikut ngiring, sampe bela2ain jam 2 pagi ke aparment cassablanca buat minjem Monster M600 temen - maklum multi mau di lego :)

    tapi gara2 itu juga malah masuk angin + demam, udah stell alarm jam 6 pagi, tapi nggak bangun … akhirnya nggak bisa ikut nganter deh :(

  77. 77 arrow89 Mei 19, 2008 pukul 6:44 pm

    @retrorika
    lo multinya mo dilego ya???emang kenapa???bosen n mo ganti yg baru ya……ganti 848 aja……. hehehe

  78. 78 Lanang Mei 19, 2008 pukul 6:51 pm

    ganti mv agusta aja mas… hehe

  79. 79 Ris Mei 19, 2008 pukul 6:59 pm

    Dah gak sah bingung ganti aja YZR M1, RC212V,DUCATI DESMOSEDICI GP8, atau GSV-R aja skalian n ikut balap gp aja biar Indonesia ada wakilnya d kls motogp. Oke bro!!

  80. 80 radix Mei 19, 2008 pukul 9:59 pm

    @mas trebla
    maksud gua gini, gua ga brani blg perbandingan price/value atau suatu produk overprice krn gua ga tau proses produksi atau brapa biaya produksinya.. ada yg tau? klo ga ada yg tau ya ga bisa menentukan sesuatu overprice kan..
    masing2 ATPM beda2 lah dlm hal proses jadi ya pricenya jg beda2..
    udah sering dibahas diblog ini tentang ini..

    AHM disorot terus tapi pecinta teknologi dibuat bengong (atau kurang terima?) dgn kenyataan mtr honda adalah mtr paling laku (entah jaman federal motor atau AHM).. akhirnya beberapa komen udah ga logis lg dgn menyalahkan konsumen honda krn membeli produk honda.. boleh aja kita anggap mtr honda jelek, tapi kita harus siap berhadapan dgn arus krn honda menguasai pasar dan ga hanya diindo..

    klo masalah jadul, sempet baca di otomotif tentang mesin ninja 250 yg dipakai adalah mesin produksi tahun2 seblmnya dan dibenarkan oleh pihak KMI.. jadi ya ganti bju juga.. ada yg brani blg ninja 250 jadul?

    @mas gagah
    skali lg gua stuju..

  81. 81 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 10:22 pm

    @radix
    sip mas.
    ngg….tapi kayanya ninja 250r yg baru dilonching di berbagai blahan dunia mengalami prubahan msein cukup drastis,klo yg versi taun 80an ato 90an awal kan masi sohc headnya,nah ini uda diopermak.jadi ga sekadar ganti baju sj.klo prinsip saya mah motor itu sbenarnya ga ada yg jadul,cm pengembangannny gimana gitu. CMIIW

    salam bikers

  82. 82 trebla88 Mei 19, 2008 pukul 10:30 pm

    klo ga salah uda dohc skarang,ama portingan nya kan diubah jg,klo ga salah liat di reviewnya yg dikasi link ama bro tri di blog sebelah.
    jadi saya kurang sreg klo cm dibilang ganti baju aja.

    klo tiger ke tiger revo kan bener2 cm ganti baju ama aksesorisnya.

    menurut pandangan saya,otomotif lagi onfire karena tidak dipinjamkan unit test ride ninja 250 jadi dia kliatan klo mo ngorek2 nih ninja secara sedalam-dalamnya.mungkin semacam pringatan halus buat KMI agar lain kali dipinjamin unit test ride.ini mnurut saya loh.coba klo dipinjemin,mungkin adem ayem aja ga ngorek2 ampe sjauh itu, kaya m+ yg adem ayem aja.

  83. 83 telmark Mei 19, 2008 pukul 10:33 pm

    bener jg yak… poin ke 3. apter sel serpis. sperpat-nya jd ‘ngampang. :)

  84. 84 guspur Mei 19, 2008 pukul 11:08 pm

    Waaaahhhhh… ditinggal leyeh2 ngadem kok ring tinjunya udah berdarah-darah… heuheuheu… gua balik lg ke atas aaaahhhh…
    @trebla88
    “sok depan jadi bebek punya(aka supra x 125)”

    Dr hasil pelototan gua sih gak sama bro… Punya SupraX125 kl dipasang ke CS1 wheel base nya bakal melar karena posisi as roda terhadap bottom case-nya beda… kemungkinan juga konstruksi suspensi di dalam bottom case juga beda. Logikanya, performa double-bridge front fork Sonic HARUS SAMA DENGAN performa single-bridge front suspension pada CS-1.
    CMIIW

    sniff… sniff…

  85. 85 guspur Mei 19, 2008 pukul 11:22 pm

    Anyway… Seperti yg udah gua komenin entah di artikel yg mana gua lupa…

    Terserah mau dibilang gak kreatif atau jadul… Gua sih lebih percaya ke temen2 gua yg tiap hari “mandi oli” dan gak cuma berpatokan pada buku dan tabloid… Mekanik senior, tuner handal, pembalap ber-KIS… semua angkat topi; SALUT pada mesin Sonic… overall… sampe ke printilan2nya… klep, per klep, dsb. Kalo mslh kompresi yg harus diturunin ya silakan bertanya kepada Pemerintah dan pengolahan BBMnya…

    ANDAIKAN 2tak masih bisa ramah lingkungan… gua pun akan tetep angkat topi salut buat RX-King walopun cm baju dan rangkanya diganti…

    sniff… sniff…

  86. 86 Konde Mei 20, 2008 pukul 12:03 am

    Aduh kok pd repot ngurusin penggunaan mesin lawas ke motor baru ya?

    Wong kita tinggal beli ma pake.
    Gitu aja kok repot.

    Peace ^^

  87. 87 radix Mei 20, 2008 pukul 3:45 am

    @mas trebla
    maaf gua hanya tau dari 1 pihak (baca di otomotif) dan disitu tertulis pihak KMI membenarkan..
    dan mungkin mencontohkan ninja 250 memang ga pas, yg pasti kita satu pendapat bhw ga ada mesin jadul krn semua mesin prinsipnya sama dari energi panas menjadi energi mekanik.. halah IPA..
    piss lagi..

  88. 88 Reza Mei 20, 2008 pukul 2:37 pm

    kalo emank pake mesin lawas,
    CS1 ga pantes masang harga 17jt…
    mending harga 2nd aja lah :D

  89. 89 Wesnoth Mei 20, 2008 pukul 4:14 pm

    Rasa gue ga ada yang salah dengan produk honda, kalo mang iya, kok penjualan-a no. 1 ya di indo, mikir deh, lucu aja
    gue cuma mikir, kalo emang ga bagus, ngapain di pilih seluruh nusantara.
    Misal lo bilang karna bego. Masak seluruh org indonesia bego. Lucu deh.
    Yg pinter lo dong. Ebadnya nih anak . Pasti ortunya bangga nih,

  90. 90 Abon Sapi Mei 21, 2008 pukul 7:31 am

    @guspur
    wah, bos kita 1 ini maunya yang resmi2 aje, hehehe…..kemana aje nih. leyeh2 lama gk keruan. nerusin “project”nya ya?

  91. 91 guspur Mei 21, 2008 pukul 8:27 am

    @Abon
    Lhah maen resmi biar ada yg bisa dimintain tanggung jawab kalo keprucut… halah. :P
    Iya nih Bon… kmrn2 lg mroyek… proyek “masa depan”… ;) heuheuheu…

    sniff… sniff…

  92. 92 buronan mertua Mei 21, 2008 pukul 8:44 am

    saya juga dulu pernah punya astrea 800, wah.. tenaganya luaaar biasa.. tiap berangkat kerja kan harus melewati tanjakan 45 derajat sepanjang 500 meter ga ada masalah tuh pake gigi 3 …
    tapi bebek-bebek yang sekarang baik honda atau bukan, setelah saya coba cuman kuat di gigi 2 saja …

  93. 93 Abon Sapi Mei 21, 2008 pukul 8:59 am

    wah, kabar nek wes jadi project si mesin jadul-nya ya bozz. ntr kirim2 foto modife ke aku :-D

  94. 94 guspur Mei 21, 2008 pukul 9:02 am

    @Abon
    hehehehehe… jik suwi ketoke Bon… dipending dl sampe waktu yg belum ditentukan… skrg lg ada proyek mainan baru… MINIMOTO!!! seru lho Bon… :D

  95. 95 agung Mei 21, 2008 pukul 1:02 pm

    mesin lawas??
    semua mesin cara cara kerjanya sama kan?
    pake klep, pake busi, pake piston?
    sejak pertama kali ditemukan, mesin-mesin kendaraan saat ini tetap pake bensin kan? tetap pake solar kan?masih butuh distarter kan?
    yg diubah kan cuma sistem inputnya. ada yg pake karburator, ada yg pake injector? tp mesinnya masih digerakkan dg pembakaran bukan?

    lalu mesin apa yg baru??
    mesin hybrid? seperti di toyota prius atau civic hybrid?
    kayaknya engga juga. karena mesin hybrid udah pernah dibuat di jerman pada awal abad 20 (tahun 1900an).coba liat di biografinya Porche (ini nama orang, desainernya VW kodok).

    mesin katup kayak di ducati??
    mungkin baru di motor, tapi teman saya punya mobil tahun 70an. made in usa.mobilnya sedan.gede banget.kata dia katupnya juga udah pake sistem kaya ducati.

    lalu mesin yg teknologi baru apa ya?
    mungkin yg terbaru saat ini adalah mesin yg dipake honda fcx.bahan bakarnya hidrogen yg akan menghasilkan arus listrik yg nanti akan memutar motor. nah, ini baru oke.hidrogen kan terdapat di air. air kan melingkupi 70 % bumi. jd sumber hidrogen sangat berlimpah.
    tapi, dari yg saya tahu, penggunaan hidrogen sbagai bahan bakar juga bukan hal yg baru. setidaknya pesawat luar angkasa pun telah menggunaka hidrogen.

    lalu bagaimana?ayo dong anak indonesia bikin mesin yg benar-benar baru.jgn cuma bicara.lha wong jarum pentul sj impor dari cina.

  96. 96 icalbrown Mei 21, 2008 pukul 2:27 pm

    @agung
    satujuh bro… jadi intinya kan kita ga usah bangga-banggain motor yg loe beli dari dealer buatan/produksi ATPM tertentu, kalo loe udah bisa rakit sendiri (sukur2 bisa 100% original part made in sendiri) baru deh elo boleh berbangga hati.

    yang belom ada.. kayaknya motor/mobil yg bisa terbang (melayang tanpa roda) seperti di pilem-pilem :lol:

  97. 97 teha Mei 21, 2008 pukul 3:15 pm

    @ agung

    geli, tau gak!

    ya udah balik lagi aja ke mesin uap, motor bahan bakar ARENG BATOK.

    HA……..HA…………

  98. 98 boogieHD Mei 22, 2008 pukul 3:53 am

    @buronan mertua

    ada yg perlu dikoreksi bro. motor ente, astrea 800 kapasitasnya 80 cc kan? code name honda lawas, ini yg gw heran - gak kreatif - selalu mengkalikan 10 dari kapasitasnya.

    contoh tiggy 2000 (200 cc) GL Pro 1600 (160 cc), dst. btw tau g skarang motor bebek di jalanan cc nya brapa? 100 - 130 cc an lah (rata2). ada 2 hal krusial yg ente salah bandingin. pertama horse power n kdua adalah torsi (torque).

    gini, horse power berkaitan sama seberapa cepat motor ente berlari. torsi berkaitan dengan berapa beban yg motor ente dapat tarik dalam RPM tertentu.

    dlm kasus tanjakan, torsi yg berpengaruh. trus gear ratio nya buat apa? gini, torsi pada motor baru (anggap aja 125cc) di gear 2 kira2 hampir sama dgn torsi di gear 3 motor ente. itu juga berlaku pada horse power.

    kasarannya gini, coba suruh orag yg biasa bawa supra lawas yg 100cc, trus langsung bawa karisma or supra 125 cc. trus coba tanya komennya ttg gear ratio dari 1-4. paling2 jawabannya: “gile, gw baru di gear 3 tapi kerasa kaya gear 4 di motor gw.” ato “gw blon ampe gear 4, kekencengan.”

    itu yg dikatain temen2 gw yg “naik kelas”, mereka rada kaget pada torsi ma tarikannya. padahal perbedaan cc nya cm 20an cc. apalagi kasus motor ente yg 80 cc (no offense) dibandingin ma 125cc, beda 40an cc bro.

    gw cm mau koreksi, tanpa bermaksud mencela ente.

    peace

  99. 99 Abon Sapi Mei 22, 2008 pukul 8:01 am

    @teha
    emangnya mau nyeterika apa, pake areng batok

  100. 100 wyren Mei 22, 2008 pukul 8:15 am

    Lucu juga ni tema yang diangkat.

    Kalo menolak 1 mesin banyak varian. Jangan beli mobil yah… Soalnya sama aja…

    Mo motor, mobil, KAPAL, PESAWAT!!!

    Gitu aja kok repot….

  101. 101 wyren Mei 22, 2008 pukul 8:26 am

    Mesin Scorpio masih maz maz..

    Hehee… Gak pernah liat TT-R125 yah… Atau TT-R225

    Itu diatas Mesin sebagsa-sedarah ma Scorpio semua… Yah… Sayang Yamaha hobinya 2 tak, jadi motor laki 4 taknya gak dimasukin… Baru akhir2 ini ngikut tuntutan zaman jadi 4 tak…

  102. 102 Abon Sapi Mei 22, 2008 pukul 9:13 am

    @wyren
    ntuh mesin suzuki carry 1000cc dah berapa varian yang pake? maksudnya yang ginian khan? :mrgreen:
    mesin yamaha scorpio = yamaha serrow. cuma ganti baju.

  103. 103 pajokka Mei 22, 2008 pukul 10:52 am

    salut buat trebla88 atas komennya…yg punya bobot
    abon sapi jgn cuma omdo aja…!

  104. 104 RU120 Mei 22, 2008 pukul 10:54 am

    udalah pake aja..mesin nggak ap tu det nggak masalah kahnn??yang penting jalan,bisa di korek,partnya tersedia,dan utamanya terjangkau harganya…daripada honda ngeluarin CS212(CS1 pake mesi RC212)…ntar mao servis ganti oli aja motor harus ditinggal 7hari7mlam…gara2 nggak tau letak lubang buat ngisi olinya. : )

  105. 105 guspur Mei 22, 2008 pukul 10:57 am

    @pajokka
    Ya di sini mah cuma emg bisa ngomong doang atuh??… masak mau kebut2an di blog???… gak mungkin duonx???… heuheuheu… :D

    sniff… sniff…

  106. 106 Abon Sapi Mei 22, 2008 pukul 11:01 am

    @pajokka
    emang ente pinter banget….ckckck….tepuk tangaaaaannnnn. gw boleh donk berguru.
    mbok yao ngikut omdo sini…..biar kita2 tambah pinter :-D

  107. 107 RU120 Mei 22, 2008 pukul 11:10 am

    @guspur;@abonsapi

    tepatnya ngetik doang dunk…
    n ngetik bisa di lumbaken lho = )
    yang ngetiknya cepet tanpa salah dapet hadiah ; )

  108. 108 Abon Sapi Mei 22, 2008 pukul 11:18 am

    @RU
    hehe, bisa aja ente
    ngedo atau tikdo jadinya namanya?
    hadiahnya mungkin disiapin sm pemilik blog, ky disebelah itu lho.
    masalah tikdo, emang gw juga bisanya tikdo….wong gw dapet ilmu jg dari tikdo disini. gak beda2 jauhlah….kebisasaan iseng disamping pekerjaan utama sebagai “penjaga warnet”

  109. 109 RU120 Mei 22, 2008 pukul 11:25 am

    @retorika
    kebut2an ngetik n berhadiah dunk???
    lumayan kebut-kebutan nggak bikin mokat : )

    @abonsapi
    ngetikdoang…hmmm…tikdo aja deh,heheh

  110. 110 oknumcupu Mei 22, 2008 pukul 12:02 pm

    no comment (masi bodo masalah motor)

  111. 111 pajokka Mei 22, 2008 pukul 12:05 pm

    @abon sapi
    iyaa ntar diajariin…jadi tik doankk (bukan dik doank) biar tambah pinteer jadi komentator di TV media (bukan unyil lhooo yg sekolahnya SD melulu nggak tamat2)..heee5..

    @guspur
    balik aja ke acr democrazy…, maaf di blog aja biar tambh rame… kebut2an nya..

    peace…

  112. 112 guspur Mei 22, 2008 pukul 12:19 pm

    @pajokka
    trus?… trus?… jadi mana komen Abon yg omdo?? mana komen trebla yg bikin anda salut???…

    (*kompor mode ON)

    @Abon
    Doa mu wingi terkabul ki lho… xixixixixixixiiii… :P

    sniff… sniff…

  113. 113 Abon Sapi Mei 22, 2008 pukul 12:58 pm

    @guspur
    bhuahahahahahaha…..ngeh…..iya ya :mrgreen:

  114. 114 wyren Mei 25, 2008 pukul 10:16 am

    @guspur
    Tu lo bang. Yang jelek2in Honda.. :-D

  115. 115 reza Juni 4, 2008 pukul 4:30 pm

    masing2 orng pny pembelaan besar thdp tunggangan’y..but i still luv my bike,what ever they say..

    buat gw motor gw adalah kisah hidup gw

    bukan kisah darimana,bagaimana motor itu berasal

Tinggalkan Balasan